Karakter - Karakter Kapal Perikanan


Berdasar FAO, di tahun 2004 ada minimal 4 juta kapal penangkap ikan komersil. Sekitaran 1,tiga juta sebagai kapal yang mempunyai geladak. Sebagian besar kapal bergeladak ini telah termekanisasi, dan 40 ribu salah satunya memiliki bobot lebih dari 100 ton. Sekitaran dua per tiga dari 4 juta kapal itu sebagai perahu penangkap ikan tradisionil dengan beragam type, digerakkan dengan monitor dan dayung. Perahu itu umumnya dipakai oleh nelayan tradisionil.


Saat sebelum tahun 1950an, cuman sedikit ada standarisasi kapal penangkap ikan. Design bisa bervariatif antara dermaga dan galangan kapal. Awalnya perahu dibikin dari kayu. Tetapi karena ongkos perawatan tinggi dan dengan perubahan tehnologi material, baja, fiberglass, dan serat karbon semakin banyak dipakai. Lama waktunya pembikinan perahu penangkap ikan tradisionil bervariatif di antara 6 bulan sampai setahun.  sepatu safety dr. osha harga yang sangat terjangkau dengan kualitas yang terjamin.


Kapal Perikanan ialah Tiap kapal yang tangkap ikan dengan jala, tali, pukat atau alat penangkap ikan yang lain yang batasi kekuatan olah geraknya, tapi tidak terhitung kapal yang tangkap ikan dengan tali pancing atau alat penangkap ikan yang lain tidak batasi kekuatan olah gerak.


UKURAN - UKURAN PADA KAPAL PERIKANAN

LOA ( LENGTH OVER ALL ) : Panjang keseluruhnya dari kapal yang di ukur dari ujung buritan ke ujung halauan.

MAXIMUM BREADTH / LEBAR MAXIMUM : Lebar paling besar dari kapal yang diukur dari kulit lambung kapal di sisi kiri sampai kulit lambung kapal samping kanan.

TINGGI KAPAL ( DEPTH ) : Jarak tegak dari garis dasar sampai garis geladak yang paling rendah dari pinggir di ukur di tengah-tengah - tngah panjang kapal.

DRAUGHT ( Penuh yang diperkirakan ) : Jarak tegak dari garis dasar sampai pada garis air muat.

MAX DRAUGHT : Tinggi paling besar dari lambung kapal yang tergenang di di air yang di ukur dari garis air muat sampai sisi kapal yang paling rendah.



JENIS - JENIS KAPAL IKAN

A. KAPAL LONG LINE : Memiliki bright di tengah-tengah dengan deck halauan di depannya untuk haulling dengan alat tolong Line Hauler.


Kapal Long Line


B. KAPAL TRAWL : Memiliki bright di muka dan deck buritan terbuka untuk bekerja dengan alat winchi.


Kapal Trawl


C. KAPAL PURSE SEINE : Memiliki bright di muka dengan power blok di buritan untuk bekerja atau bright di tengah-tengah dengan alat tolong gardan untuk menarik purse - line


Kapal Purse Seine

D. KAPAL POLE dan LINE


Kapal Pole And Line


SIFAT - SIFAT KAPAL IKAN

A. Kapal Stiff (Kaku)

Kapal stiff ( kaku ) ialah kapal yang memiliki kestabilan positif namun GM kapal itu terlampau besar hingga event penegaknya juga terlampau besar. Jika kapal itu senget karena dampak style di luar karena itu kembalinya ke posisi tegaknya cepat sekali sekali.


Karakternya :

Olengan kapal cepat dan membentak - nyentak


Pemicunya :

Terlampau bayak fokus muatan berat di bagian bawah kapal

Kerugiannya :

1. Tidak nyaman untuk kru kapal

2. Bisa menghancurkan konstruksi kapal khususnya di bagian ikatan

3. Perubahan muatan

Menanganinya :

1. Kosongkan bak ganda bottom

2. Mengalihkan berat dari bawah ke atas.


B. Kapal Tender (Langsar)

Kapal Tender ( langsar ) ialah kapal yang memiliki kestabilan positif namun GM nya kekecilan, dengan begitu event penegaknya kekecilan hingga jika senget karena style di luar karena itu akan balik ke posisi tegaknya lamban sekali.




Karakternya :

Olengan kapal lamban sekali

Pemicunya :

Kebanyakan fokus muatan berat di bagian atas kapal

Rugi :

Dalam cuaca jelek karena itu kapal dapat kebalik.

Menanganinya :

1. Isi penuh bak Ganda bottom

2. Mengalihkan berat di atas ke bawah


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tidak boleh Asal! Berikut Panduan Pilih Sepatu Lari yang Cocok dan Nyaman

Perlengkapan Keselamatan Karyawan Listrik

Langkah Pilih Sepatu Olahraga Sama sesuai Tipe Olahraga